Aged Receivable and Aged Payable Reporting on Odoo 14.0 v

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Bismillah..

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Aged Receivableand Aged Payable Reporting on Odoo 14.0 v

Aged Receivable

Accounts receivable aging report (Aged Receivable) atau laporan umur piutang berfungsi untuk memberi tahu berapa lama faktur telah jatuh tempo dan kapan harus melakukan pembayaran. Semua faktur yang belum dibayar, bersama dengan perincian pelanggan yang lengkap, akan dicantumkan dalam laporan umur piutang, sehingga dapat memberikan kita gambaran yang baik tentang kesehatan sebenarnya dari piutang dan arus kas perusahaan kita. Adapun yang dicantumkan dalam accounts receivable aging report yaitu piutang pelanggan, jumlah atau total hutang sebenarnya yang terutang, dan durasinya.

Berikut ini adalah kegunaan dari accounts receivable aging report atau laporan umur piutang.

1. Mengidentifikasi efektivitas persyaratan kredit dan fungsi penagihan.
2. Mencegah situasi krisis uang tunai di perusahaan kita.
3. Identifikasi pelanggan yang sering melakukan pembayaran terlambat dan mengambil tindakan atau perubahan yang diperlukan untuk mencegah kejadian serupa di masa mendatang.

4. Menentukan apakah akan menahan layanan atau penawaran produk sampai pelanggan melakukan pembayaran yang tertunda.
5. Analisis perilaku pelanggan kita dan sesuaikan kembali jadwal faktur kita, sehingga kita dibayar tepat waktu. 









Aged Payable

Sebelum membahas tentang laporan umur utang dagang (Aged Payable), ada baiknya kita pahami dulu tentang utang dagang itu sendiri. Hal ini penting karena tidak semua utang yang dimiliki perusahaan atau bisnis termasuk utang usaha. Sebagai contoh, jika kontraktor membeli bahan bangunan secara kredit, maka hal itu termasuk utang dagang. Tetapi jika kontraktor membeli truk secara kredit, maka itu tidak termasuk utang usaha, melainkan utang jangka panjang. Artinya, utang dagang tidak hanya berkaitan dengan usaha pokok, tetapi juga digunakan sebagai bahan produk yang akan dijual serta memiliki waktu pembayaran yang relatif lebih cepat. Biasanya, jangka waktu pelunasan utang dagang adalah kurang dari 1 tahun.

Tujuan Dibuatnya Laporan Umur Utang Dagang (Aged Payable).

Berikut adalah beberapa tujuan dibuatnya laporan umur utang dagang.

1. Memberikan informasi yang jelas kepada pemilik usaha atau perusahaan tentang semua pembayaran yang belum diselesaikan.
2. Memberikan informasi tentang waktu jatuh tempo kredit yang harus diselesaikan atau dilunasi.
3. Media pengingat perusahaan untuk membuat skala prioritas pembayaran.
4. Membantu perusahaan menilai seberapa baik mereka melakukan pembayaran tagihan.
5. Bahan analisa perusahaan dalam mengendalikan arus kas. Jika laporan menunjukkan tagihan yang melewati waktu jatuh tempo, maka ini menjadi sinyal bahwa perusahaan gagal dalam mengendalikan arus kasnya atau justru terlalu bergantung pada kredit perdagangan. 
6. Sangat bermanfaat apabila arus kas perusahaan ketat dan tidak bisa membayar faktur tepat waktu karena perusahaan bisa memutuskan mana yang harus dibayar lebih dulu dan mana yang bisa ditunda
7. Terkadang digunakan editor dari luar perusahaan sebagai daftar utang yang harus dibayar pada akhir periode yang diaudit.











Sekian..

Adding a field in the Signup form website
Menambahkan field dalam form Sign Up website