Cara Memasukkan Data JSON (REST APIs)

ke Odoo Dengan Button

Bismillah.., Segala puji milik Allah. Yang mana kita patut memuji-Nya, yang mana kita harapkan pertolongan-Nya dan kita harapkan ampunan-Nya. Serta sepatutnya kita berlindung diri kepada-Nya dari segala keburukan diri dan kejelekan perbuatan yang ada pada diri kita. Siapa yang diberi hidayah oleh Allah maka tidak ada yang mampu menyesatkannya dan siapa yang disesatkan oleh Allah maka tidak akan ada yang dapat memberikan hidayah. Sebelumnya Saya juga bersaksi bahwa tidak ada tuhan (yang berhak disembah) selain Allah semata yang tidak ada sekutu bagi-Nya dan saya bersaksi bahwa Nabi Muhammad Shalallahu'alaihi wa sallam adalah hamba dan utusan-Nya.


    Selanjutnya saya ucapkan Ahlan wa sahlan wa Baarokallohu fiikum jamii'an bagi para pembaca blog ini dan tidak lupa juga saya berdo'a semoga seluruh kaum muslimin yang sedang sakit diberikan kesehatan dan yang sehat selalu dijaga oleh Allah azza wa jalla dan selalu diberikan hidayah islam dan diatas sunnah Nabi kita (Muhammad). Aamiin..!. Untuk kali ini saya akan menulis sedikit hasil explore yang saya dapatkan mengenai ODOO14 yaitu cara get data JSON dengan tombol button sebagai triggernya. Sebelumnya disini saya menyediakan link Rest APIs gratis sebagai uji coba bisa klik disini atau mungkin anda bisa mencari untuk Rest APIs gratis lainnya di google.


1. Untuk langkah pertama pada file python (.py) tambahkan 'import requests' sebagai library tambahan

from odoo import models, fields, api

import requests



2. Buat Tombol Button pada file xml (.xml) dan berikan fungsi untuk memberikan aksi pengambilan data

class TesTes(models.Model):
_name = 'tes.tes'
_description = 'Get Data JSON'
def get_data_json(self):

req = requests.get('https://raw.githubusercontent.com/penggguna/QuranJSON/master/quran.json')
tes = req.json()

print("==================================", tes)




Maka jika tombol button dijalankan akan mencetak data dalam bentuk dictionary pada log di terminal, seperti gambar dibawah ini:

Odoo image and text block

Untuk pengelolaan data selanjutnya silahkan disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing. Dan mungkin cukup sekian dulu untuk sharing dari saya kali ini, dan tunggu konten-konten tulisan blog disini dari saya maupun teman-teman saya yang lain, semoga bermanfaat dan jika ada kendala/pertnyaan dalam langkah-langkah yang saya tulis, anda bisa balas comment di blog ini, Terima kasih.

Jazakakumullahu khoiron katsiron..