Cara Mengatasi Bug Qweb HTML di ODOO Server

(Hasil CSS di SERVER tidak sama dengan di LOCAL)

Pernahkah anda mengalami kejadian yang yang tidak menyenangkan pada saat pembuatan report PDF di ODOO ??? yang mana anda sudah capek-capek membuat report PDF dan ketika anda cek hasil di LOCAL , anda dapati hasilnya cantik dan bagus sesuai yang anda harapkan. Akan tetapi ketika anda mencoba menaikkan (upload) ke SERVER, anda dapati hasil report PDF berubah dan tidak sama dengan hasil di LOCAL anda sehingga anda harus mengulangi dengan memperbaiki CSS pada report di SERVER dengan setiap anda mengubah CSS anda harus menaikkan/mengupload secara berkala ke SERVER untuk melihat hasil report yang anda inginkan di SERVER. Tentu hal ini sangat melelahkan bagi developer jika setiap perubahan CSS kita harus menaikkan ke SERVER karena hasil di LOCAL tidak dapat dijadikan view report yang benar.

Bismillah.. pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit ilmu mengenai salah satu bug yang pernah saya alami, khususnya pada CSS Qweb HTML yang tidak berfungsi/ tidak berjalan di SERVER. Ternyata untuk solusi ini bisa dilakukan dengan cara yang cukup mudah dan salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah dengan cara men-setting default view PDF Report pada ODOO di SERVER dengan cara.

1. Masuk ke ODOO ubah dalam mode 'debug'

    Dasboard -> Settings -> klik 'Activate the developer mode' (pada pojok samping kanan bawah)

Odoo image and text block

 

2. Masuk ke 'System Parameters'

    Dasboard -> Settings -> Technical -> Parameters -> System Parameters

Odoo image and text block

3. Tambah 'report.url'

    Pada 'System Parameters' tambahkan 'report.url' dengan cara klik tombol 'Create'. dengan catatan:

    - Pada field Key     : report.url

    - Pada field Value  : http://localhost:8069

      atau pada Value bisa di isi dengan http://127.0.0.1:8069

Odoo image and text block

Gimana...?? Cukup mudahkan ?? Silahkan dicoba dan semoga berhasil...
Dengan catatan solusi bug ini khusus untuk hasil CSS pada LOCALHOST tidak sama dengan pada hasil di SERVER. Jika solusi ini tidak juga bekerja, maka pastikan anda sudah menginstal wkhtmltopdf dan pastikan anda mengecek versi dari wkhtmltopdf di SERVER sama dengan di LOCAL. Sekian untuk kali ini, semoga bermanfaat bagi pembaca.

Jazakumullahu khoiron...